Ali Ngabalin Sebut Isu Reshuffle Kabinet Bisa Ganggu Kerja Menteri


 

Tenaga Pakar Khusus Kantor Staff Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menyebutkan, rumor reshuffle (pembongkaran) kabinet yang belakangan ini kuat bisa mengusik performa beberapa menteri. Ditambah, untuk menteri-menteri yang disebut akan terserang reshuffle.


"Iya dong (rumor reshuffle mengganggu), bagaimana ia kembali bekerja selanjutnya informasi masif mengenai penggantian menteri. Apa orang tidak terusik? Ada kabinet, ada instansi, ada kementerian ini yang saat ini dicatat pasti," tutur Ngabalin waktu dikontak, Senin (21/12/2020).


"Situasi batin manusia ini kan perlu kita simak juga, sesaat mereka benar-benar serius bekerja," tambahnya.


Ngabalin menyebutkan, reshuffle kabinet adalah hak prerogatif Kepala Negara hingga cuman Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang mengenali siapa menteri yang penting ditukar. Karena itu, seluruh pihak disuruh bersabar sampai dipublikasikan Jokowi.


Kesalahan yang Sering dilakukan Pemain Pemula Judi Bola Online "Yang paling dasar itu, jangan rumor dan pendapat menebar secara masif selanjutnya mengusik performa beberapa menteri. Itu tidak baik, tidak baik, kasihan," katanya.


Tentang hal rumor Jokowi akan lakukan reshuffle kabinet kembali lagi kuat saat dua menterinya yaitu Juliari Batubara dan Edhy Prabowo jadi terdakwa sangkaan korupsi. Menteri Sosial Juliari Batubara jadi terdakwa masalah sangkaan suap bansos.


Sesaat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo jadi terdakwa sangkaan korupsi ijin export benih lobster. Juliari adalah kader PDIP sedang Edhy ialah kader Partai Gerindra.


Kecuali ke-2 nya, beberapa menteri lain ikut disebutkan akan terserang reshuffle. Bahkan juga, telah tersebar beberapa nama yang dipandang akan gantikan status menteri yang di-reshuffle.


"Jika jika (menteri) kelautan dan (menteri) sosial itu pastinya, pastinya Presiden pilih (substitusinya). Tapi jika yang (menteri) lainnya kan ada isunya, ini, ono semua jenis itu kan mengusik," papar Ngabalin.


Diakuinya tidak mengenali siapakah yang akan isi status Menteri Sosial dan Menteri Kelautan dan Perikanan. Ngabalin menampik bicara waktu ditanyakan berkaitan peluang kementerian lain turut terserang reshuffle.


"Perintah UUD 1945 dan turunan UU-nya itu kan memberi wewenang penuh, ke Presiden yang mempunyai hak prerogatif dalam mengusung dan menghentikan beberapa anggota kabinet, beberapa pembantu beliau," terang ia.


Belajar pada tapak jejak awalnya, Jokowi yang disebut orang Jawa tulen sering lakukan reshuffle pada Rabu di antara Pon atau Pahing. Tentang hal Rabu Pon paling dekat yaitu, jatuh pada 23 Desember 2020.


"Tak perlu dihubung-hubungkan dengan Pon atau hari-hari tanggal Jawa, yang jelas Presiden punyai wewenang itu," kata Ngabalin.

Mga sikat na post sa blog na ito

The nation, whose involvement in World Battle I

Big sufficient towards trigger local devastation if it were actually

Risma Dikabarkan Jabat Mensos, Ini Respons Ketua DPRD Surabaya